Senin, 22 November 2010

403 Tahun Makassarku.

Oleh:
Budianto

Kota Makassar genap berusia 403 tahun. Di usianya yang sudah empat abad ini, sudah selayaknyalah jika banyak kemajuan yang membawa perubahan di kota ini. Dengan usia yang sudah sangat tua ini, idealnya Kota Makassar dalam segala hal lebih baik dalam pelayanan kepada masyarakat khususnya yang berhubungan dengan pemerintah Kota Makassar.

Awal Kota dan bandar makassar berada di muara sungai Tallo dengan pelabuhan niaga kecil di wilayah itu pada penghujung abad XV. Sumber-sumber Portugis memberitakan, bahwa bandar Tallo itu awalnya berada dibawah Kerajaan Siang di sekitar Pangkajene, akan tetapi pada pertengahan abad XVI, Tallo bersatu dengan sebuah kerajaan kecil lainnya yang bernama Gowa, dan mulai melepaskan diri dari kerajaan Siang, yang bahkan menyerang dan menaklukan kerajaan-kerajaan sekitarnya. Akibat semakin intensifnya kegiatan pertanian di hulu sungai Tallo, mengakibatkan pendangkalan sungai Tallo, sehingga bandarnya dipindahkan ke muara sungai Jeneberang, disinilah terjadi pembangunan kekuasaan kawasan istana oleh para ningrat Gowa-Tallo yang kemudian membangun pertahanan benteng Somba Opu, yang untuk selanjutnya seratus tahun kemudian menjadi wilayah inti Kota Makassar.

Kota Makassar yang juga dikenal dengan Kota Anging Mammiri memiliki luas wilayah 175,77 km2 yang terbagi kedalam 14 kecamatan dan 143 kelurahan dengan jumlah penduduk 1.371.904 jiwa di malam hari dan hampir 1,6 juta jiwa di siang hari. Kota Makassar Ibukota Propinsi Sulawesi Selatan secara geografis berada di tengah-tengah kepulauan nusantara atau Center Point of Indonesian dan memiliki posisi strategis sebagai pusat pengembangan, distribusi barang/ jasa dan ruang keluarga atau "Living Room" Kawasan Timur Indonesia.

Memasuki tahun 2010 Kota Makassar sangat begitu beda dibanding tahun-tahun sebelumnya, dimana pada tahun 2010 ini hampir di semua sudut kota berdiri gedung pencakar langit seperti gedung Graha Pena yang terletak di jalan Urip Sumohardjo, Kalla Tower di Jl. Dr Ratulagi, Karebosi Link yang membawa kontroversi hingga saat ini karena dianggap merusak cagar budaya Kota Makassar dimana di bawah lapangan karebosi ada pusat perbelanjaan sehingga merubah wajah asli dari Lapangan Karebosi, disebalah lapangan ada Menara Bosowa dan yang terakhir adalah pembangunan Trans Studio Theme Park berlokasi di jalur utama Jalan Metro Tanjung Bunga, Makassar, sekitar 2 km barat daya atau 3 menit dari kawasan Pantai Losari. Theme Park seluas 2,7 hektar ini dapat ditempuh dalam waktu 30 menit dari pusat-pusat terpenting di kota Makassar. Ia juga dekat dengan rencana terminal kendaraan umum.

Trans Corp (Trans TV dan Trans7) merupakan stasiun televisi pertama di dunia yang memiliki Theme Park. Trans Studio, yang dikembangkan oleh PT. Trans Kalla Makassar, dibangun di atas lahan seluas lebih kurang 24 hektar di wilayah Tanjung Bunga. Di lokasi lapang ini akan hadir sebuah proyek pembangunan terpadu bertaraf dunia, yang mencakup pusat hiburan keluarga, pusat perbelanjaan, hotel dan pemukiman.

Kini Makassar tidak sekadar menjadi pintu gerbang menuju wilayah timur Indonesia. Pertumbuhan ekonomi, sarana dan prasarana serta pariwisata yang demikian pesat beberapa tahun terakhir ini telah menjadikannya sebagai pusat perhatian dari berbagai pihak. Kehadiran Trans Studio turut membentuk identitas baru kota ini, sebagai magnet di Timur Indonesia.
Dalam memeriahkan ulang tahun Kota Makassar yang ke 403 Pemerintah Kota Makassar meng gratiskan sebanyak 403 pemohon Izin Mendirikan Bangunan ,pemohon yang bisa memperoleh IMB gratis adalah warga yang masuk kategori menengah ke bawah dengan klasifikasi warga yang mendapat IMB gratis tidak melebihi luas lahan 100 meter persegi, bukan bangunan bertingkat, dan tidak berada pada kawasan perumahan yang dikembangkan developer.
Ratusan pengusaha juga terlibat dalam memeriahkan ulang tahun Kota Makassar yang ke 403. Pengusaha yang bergerak di bidang industri pariwisata, hotel, mall, dan restoran, mendeklarasikan program Makassar Great Sale. Program ini memberikan diskon bagi yg berkunjung ke Makassar sebanyak 40,3 persen, juga merupakan simbol angka ulang tahun Makassar yang ke 403.
Selain itu Pemerintah Kota Makassar mengadakan acara Minum Susu Bersama ,sekira 61 ribu warga Kota Makassar mengikuti jalan sehat yang dirangkaikan dengan minum susu dan makan sosis bersama. Rekor ini diklaim melampaui rekor MURI dan rekor dunia.

Berdasarkan hasil verifikasi Tim Museum Rekor Indonesia (MURI) dan perwakilan Guinnes Book of Record, total peserta yang tercatat sebanyak 61.000 orang atau jauh melampaui rekor dunia sebelumnya yang dipegang Filipina yakni 40.000 orang, dan dinilai kegiatan ini paling unik dan langka, karena minum susu dan makan sozis secara bersamaan.
Para peserta itu memenuhi jalan protokol Kota Makassar Minggu di sepanjang Jalan Jendral Sudirman, Ahmad Yani dan Kartini. Mereka masing-masing membawa susu bantal dan sosis yang menjadi paket saat pendaftaran beberapa saat lalu.
Lomba fotopun di adakan Pemerintah Kota Makassar , pemkot menggelar lomba foto bertema “Makassar Menuju Kota Dunia.“ Lomba foto ini terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya dengan total hadiah Rp 50 juta.
Menilik tema dan objek foto yang disarankan, tentu lomba ini mencari karya foto yang mampu menampilkan 'kemewahan' kota Makassar sebagai cermin pembangunan, serta mengabadikan perubahan-perubahan yang terjadi di kota yang kadang dijuluki kota anggin mammiri ini. Selain digelar sebagai sosialisasi Makassar Menuju Kota Dunia, lomba foto ini juga dilaksanakan dalam rangka ulang tahun Kota Makassar ke-403.
Puncak acara Ulang Tahun Kota Makassar yang ke 403 dilaksanakan di halaman Balai Kota Makassar hari senin(9/11). Upacara dipimpin langsung Walikota Makassar Ilham Arif Sirajuddin dihadiri Wakil Walikota Makassar, Ketua DPRD Kota Makassar dan sejumlah Muspida Kota Makassar.

Peningkatan kesejahteraan masyarakat,menjadi agenda prioritas pemerintah kota makassar dalam menentukan arah pembangunan kota ini. Antara lain peningkatan SDM melalui pendidikan bersubsidi penuh mulai tingkat SD SMP dan SMA sederajat, serta memberikan bea siswa bagi pelajar dan mahasiswa yang berprestasi dan pemberian pelayanan kesehatan dimana tersedianya sarana dan prasarana kesehatan yg memadai dan memberikan pelayanan yang merata menjadi prioritas pemerintah kota Makassar. Peningkatan gizi keluarga dan pengurangan jenis dan jumlah penderita penyakit menular juga mendapat perhatian pemerintah kota Makassar ,Pemberian susu, dan telor kepada anak usia sekolah menjadi sangat penting, tujuannya adalah menjadikan anak Makassar menjadi anak sehat, kuat dan cerdas.
Dalam rangka hari jadi kota Makassar ke 403 tahun, walikota ILham arief siradjuddin sebelum bertolak menunaikan ibadah haji, secara resmi berpamitan, sekaligus menyerahkan pucuk pimpinan kota ke wakil walikota. ILham juga meminta 1an kerja perangkat daerah agar tetap meningkatkan kinerjanya secara profesional dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

Hari jadi kota Makassar 403 tahun yang jatuh 9 november 2010, menjadi momentum tersendiri bagi pemerintah kota. Pemkot bersyukur lantaran hari jadi tahun ini bisa mendapatkan tiga kado istimewa terkait pelayanan publik yang diberikan pemkot ke masyarakat dan masyarakat harus turut andil dan berpartisipasi dalam membangun kota ke depan.

Sumber :
http://www.antara-sulawesiselatan.com/berita/21459/sumbangan-usaha-retail-pada-hut-makassar-kurang
http://www.batukar.info/komunitas/articles/mewujudkan-makassar-sebagai-kota-dunia-berlandaskan-kearifan-lokal
http://www.radiobharata.com/index.php/news/makassar-info-news/2846-hut-ke-403-kota-makassar-rakyat-harus-sejahtera
http://id-id.facebook.com/note.php?note_id=154994077870311&comments&ref=mf
http://www.makassarterkini.com/index.php?option=com_content&view=article&id=1387:makassar-pecahkan-rekor-dunia&catid=44:info-terkini&Itemid=139
http://makassartv.co.id/index.php/component/index.php?option=com_content&view=article&id=990&catid=3&Itemid=56


Selengkapnya...

Senin, 08 November 2010

Dokumentasi Multimedia

oleh :
Jaya Usman


Kemajuan teknologi yang semakin cepat membuat orang mendokumentasikan kegiatannya ataupun pekerjaannya dengan cara yang berbeda-beda. Banyak hal dalam kehidupan ini bisa kita dokumentasikan apakah itu berupa foto-foto ataupun file.

Dokumentasi dapat dianggap sebagai materi yang tertulis atau sesuatu yang menyediakan informasi tentang suatu subyek. Dokumentasi dapat berisi tentang deskripsi-deskripsi, penjelasan-penjelasan, bagan alir, daftar-daftar, cetakan hasil computer, contoh-contoh obyek dari system informasi.

Tujuan Dokumentasi adalah :
1. Arus komunikasi : Komunikasi terjadi dalam 3 arah
- Kebawah untuk memberi instruksi: Pimpinan/atasan dapat memberikan instruksi kepada bawahannya didasarkan atas dokumentasi yang dimilikinya sebagai data yang akurat.
- Keatas untuk memberi laporan: bawahan melaporkan hasil kegiatannya kepada pimpinan dengan mendokumentasikan semua hasilpekerjaan dan kegiatannya.
- Kesamping untuk memberi saran: dengan dokumentasi yang ada kita bisa menyarankan kepada orang yang membutuhkan.
2. Untuk memberi informasi:
Penting kiranya untuk terus-menerus memberi informasi kepada orang tentang apa yang telah, sedang dan akan dilakukan, serta segala perubahan dalam pekerjaan yang telah ditetapkan
3. Untuk mengidentifikasi
Beberapa dokumentasi dirancang untuk mengidentifikasi
4. Untuk menetapkan prosedur dan standar
Prosedur menentukan rangkaian kegiatan yang akan dilaksanakan, sedangkan standar menentukan aturan yang akan di anut dalam menjalankan prosedur tersebut.
5. Untuk mencatat
Dokumentasi akan diperlukan untuk memonitor kinerja peralatan, system dan sumber daya manusia. Dari dokumentasi ini, manajemen dapat memutuskan atau menilai apakah departemen tersebut memenuhi atau mencapai tujuannya dalam skala waktu dan batasan sumber dayanya. Selain itu manajemen dapat mengukur kualitas pekerjaan, yaitu apakah outputnya sesuai dengan spesifikasi dan standar yang telah ditetapkan.
6. Untuk memberi instruksi
Dokumentasi yang baik akan membantu dalam pelatihan staf, apakah pelatihan untuk tujuan penanganan instalasi baru atau untuk tujuan promosi.

Multimedia

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu ([tool]) dan koneksi ([link]) sehingga pengguna dapat ber-([navigasi]), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi. Multimedia sering digunakan dalam dunia hiburan. Selain dari dunia hiburan, Multimedia juga diadopsi oleh dunia Game.
Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.
Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara). Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.
Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.


Multimedia menurut IBM, multimedia adalah gabungan video, audio, grafik dan teks dalam suatu produksi bertingkat berbasis komputer yang dapat dialami secara interaktif atau menurut McCormick multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen yaitu suara, gambar dan teks atau menurut Robin dan Linda multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (dalam http://lecturer.ukdw.ac.id/anton/download/multimedia2.pdf).

Sejarah Multimedia
Suyanto (2003 : 19) menyatakan bahwa istilah multimedia berawal dari teater, bukan komputer. Pertunjukan yang memanfaatkan lebih dari satu medium sering kali disebut pertunjukan multimedia. Pertunjukan multimedia mencakup monitor video dan karya seni manusia sebagai bagian dari pertunjukan. Sistem multimedia dimulai pada akhir 1980-an, sejak permulaan tersebut hampir setiap pemasok perangkat keras dan lunak melompat ke multimedia. Pada tahun 1994 diperkirakan ada lebih dari 700 produk dan sistem multimedia dipasaran.

Definisi Multimedia
Dalam industri elektronika menurut Suyanto (2003 : 20), Multimedia adalah kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996) atau multimedia secara umum merupakan kombinasi tiga elemen, yaitu suara, gambar dan teks (McCormick, 1996) atau multimedia adalah kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output dari data, media ini dapat audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dkk, 2002) atau multimedia merupakan alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan gambar video (Robin dan Linda, 2001)

Dokumentasi multimedia lebih banyak digunakan disaat sekarang ini karena lebih modern dibandingkan dokumentasi dengan yang lain. Dahulu orang hanya mendokumentasikan lewat foto-foto saja atau file berupa tulisan saja tetapi sekarang IT sudah semakin maju maka cara orang mendokumentasikan setiap kegiatan atau pekerjaannya sudah semakin canggih dimana kita bisa menggabungkan antara suara, gambar dan teks, jadi semakin jelas informasi yang disampaikan.


sumber:
ymukhlis.staf.gunadarma.ac.id/download/files...dokumentasi pdf.
ilmukomputer.org/category/animasi-multimedia.











Selengkapnya...