Senin, 13 Februari 2012

SOSIALISASI PEMBANGUNAN MELALUI BLOG

Oleh : Syafruddin Bahar, S.Sos

Salah satu media sosial yang saat ini lagi trend untuk mensosialisasikan perusahaan/organisasi/personal adalah blog Dengan tanpa biaya siapapun dapat membuat blog dengan mempublish tentang apapun di media tersebut.
Kemajuan pembangunan suatu daerah dapat di informasikan di media sosial blog, dengan tampilan perwajahan yang menarik dengan desain blog yang sangat lengkap orang dapat melihat blog yang kita buat. Olehnya itu sangat menarik untuk mengaitkan antara blog dan sosialisasi untuk pembangunan karena keduanya memiliki potensi dan peranan yang bagus dalam kehidupan masyarakat di tingkat daerah. Melalui media komunikasi-informasi yang telah berkembang demikian cepat, semakin terbuka peluang bagi daerah untuk tampil di kancah global, dengan segala potensi yang dimilikinya. Karakter blog yang mampu menembus batas-batas wilayah suatu daerah, citra dapat dibangun. Blog yang juga menembus mampu menembus wilayah sebuah negara, bisa menjadi alat promosi hebat bagi suatu daerah.
Blog adalah kependekan dari weblog, istilah yang pertama kali digunakan oleh Jorn Bargerpada bulan Desember 1997. Jorn Barger menggunakan Istilah "weblog" untuk menyebut kelompok webs pribadi. Orang yang membuat atau mengisi halaman-halaman blog disebut blogger.
Blog merupakan salah satu media yang memberikan kesempatan kepada setiap pengguna internet membudayakan menulis aktivitas yang dilakukan. Ada beberapa manfaat yang diperoleh dari blog antara lain :


a) Knowledge Sharing. Blog bisa menjadi sangat bermanfaat jika diisi dengan pengetahuan yang bermanfaat buat orang banyak. Dengan blog, semua orang bisa dengan mudah mengeksternalisasikan pengetahuan yang dimilikinya ke dunia maya (internet). Sehingga dengan begitu pengetahuan yang dimilikinya itu bisa di-share ke orang lain dan menjadi bermanfaat buat orang yang membutuhkannya.
b) Bridge Blogging. Blog bisa mengkomunikasikan sesuatu dengan dengan bahasa santai tetapi tetap terarah. Misalkan menceritakan kondisi suatu daerah yang memiliki daya tarik yang luar biasa bagi para pelancong baik domestik maupun mancanegara. Bridge blogging mampu menampilkan wajah sebenarnya dari suatu keadaan, tanpa ada yang ditutup-tutupi, tanpa polesan disana-sini.Mensosialisasisan pembangunan suatu daerah dengan segala kelebihan yang dimiliki suatu daerah sehingga dapat menarik perhatian.
c) Ground Voice, Suara Akar Rumput. Dengan blog, orang dapat dengan leluasa menuliskan pendapatnya tentang suatu hal. Opini-opini yang muncul dari blogosphere kemudian bisa menjadi sebuah opini yang kuat yang mampu menunjukkan bagaimana sebenarnya pendapat masyarakat tentang suatu hal. Selama ini opini umum yang berkembang di masyarakat selalu dikendalikan oleh pihak media-media yang sudah besar dan berpengaruh. Kondisi sekarang ini hampir semua media didunia sudah kehilangan objektifitasnya. Banyak media yang sengaja dibuat oleh kelompok-kelompok tertentu untuk mengendalikan opini umum yang berlaku dimasyarakat. Dengan blog, opini umum yang berkembang bisa dikendalikan langsung oleh individu-individu yang terlibat. Dengan begitu, opini yang terbentuk adalah opini yang jujur langsung dari setiap individu dari masyarakat, tanpa dimanipulasi terlebih dahulu oleh pihak media.

d) Idea Incubation. Biasanya jika seseorang mempunyai suatu ide yang tidak langsung direalisasikan. Bahkan biasanya ide yang muncul dalam otaknya terpendam sekian lama untuk proses pematangan ide, seiring berjalannya waktu, akan muncul konsep-konsep pelengkap dari ide tersebut. Juga tidak dipungkiri biasanya suatu ide yang muncul dalam diri seseorang tidak akan direalisasikan jika tidak ada orang yang mendukung idenya tersebut. Oleh karena itu, jika suatu ide muncul dalam diri Anda, akan sangat bagus kalau Anda menginkubasikan ide tersebut selama beberapa lama sambil men-share ide tersebut ke beberapa orang yang mungkin akan mendukung ide yang Anda miliki. Setelah proses inkubasi tersebut, Anda akan mendapatkan ide yang matang dan Anda juga siap untuk merealisasikan ide tersebut dengan dukungan dari orang-orang yang terlibat dalam proses inkubasi ide Anda sebelumnya. Blog bisa berperan sebagai tempat untuk meng-inkubasi-kan ide yang Anda miliki dan sangat memungkinkan berbagi dengan orang lain untuk memberikan tambahan ide dan juga dukungan buat Anda untuk merealisasikan ide.

Anda bisa membuat blog dengan gaya Anda masing-masing: ada yang membuat blog sebagai catatan harian on-line, ada yang membuat blog untuk menuliskan cerpen-cerpen dan puisi, ada yang menuliskan artikel dan opini tentang tema-tema sosial, bahkan ada kutu buku yang gemar membuat resensi buku atau merangkum buku bagus untuk berbagi dengan orang lain. Anda juga bisa membuat blog sebagai surat kabar elektronik dan mengembangkan kegiatan jurnalistik on-Iine. Tentunya, seorang blogger juga harus menjunjung tinggi kode etik jurnalistik apabila ¬itu menyangkut tulisan berita, artikel, dan opini ; juga kode etik penullsan pada umumnya apabila Itu menyangkut artikel atau paper yang menggunakan pengutipan-pengutipan dari sumber tulisan, lain.
Meskipun blog dikembangkan untuk memungkinkan perorangan memiliki sebuah website tetapi blog juga bisa bermanfaat untuk kelompok, organisasi / lembaga, dan sebuah badan usaha. Bagi individu, blog merupakan suatu kesempatan rnengembangkan dan menyalurkan minat tulis menulis Anda. Baqi organisasi/lembaga yang berkepentingan untuk mengembangkan penyediaan informasi program lembaganya atau mempromosikan diri, blog merupakan salah satu alternatif media informasi program. Untuk kalangan usaha, bias juga blog menjadi media promosi dalam rangka pemasaran produk usaha Anda secara, "on-line".

Sumber :
http://www.wahyu-winoto.com/2011/03/blog-sebagai-media-sosialisasi-dan.html
http://kkpismkn6jogja.blogspot.com/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar