Senin, 26 September 2011

KEDASYATAN YOUTUBE SEBAGAI MEDIA SOSIAL


Oleh : Kurniati Mahfud, S.sos

Perkembangan Teknologi informasi turut begerak sejalan dengan perkembangan peradaban manusia. Perkembangan teknologi informasi meliputi perkembangan infrastrukturnya, seperti hardware, software, teknologi penyimpanan data (storage), dan teknologi komunikasi (Laudon, 2006: 174). Perkembangan TI tidak hanya mempengaruhi dunia bisnis, tetapi juga bidang-bidang lain, seperti kesehatan, pendidikan, pemerintahan, dan lain-lain.

Manusia menciptakan teknologi dengan tujuan untuk mempermudah hidup dan cara kerja manusia termasuk mempermudah berkomunikasi. Dengan adanya teknologi yang dimanfaatkan oleh manusia, jarak dan waktu dapat dipersingkat.

Akibatnya berbagai perkembangan cara berkomunikasi juga mengalami revolusi yang juga sangat cepat. Kalau dulu penyampaian berita atau kepada masyarakat dengan cara manual, dari mulut ke mulut atau dari serat yang dikirim melalui jasa pos, sekarang hal tersebut kurang dilakukan lagi. Bahkan eksistensi media massa, seperti surat kabar, majalah, televisi dan radio tidak lagi saja hanya mengandalkan medianya itu sendiri tetapi juga ramai-ramai bermigrasi secara online melalui internet. Internet akhirnya memaksa manusia merumuskan kembali dan mencari model tentang proses penyampaian berita. Bahkan dengan adanya world web wide (www) tidak hanya menjadikan revolusi besar-besaran di bidang media online namun juga berpengaruh pada munculnya media-media sosial lainnya melalui internet. Kehadiran media sosial seperti situs jejaring sosial tidak hanya memicu tren dimasyarakat untuk menggunakan media tersebut tetapi juga sekaligus digunakan untuk kepentingan bersosialisasi, promosi (awareness, selling event) dan lain sebagainya.

Media Sosial

Media sosial adalah sebuah media online dimana para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan isi meliputi blog, sosial network atau jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki mungkin merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia. Kenyataan bahwa media sosial bisa berfungsi sebagai media pemasaran, kampanye, dan branding sudah tidak dapat dipungkiri lagi

Saat teknologi internet dan mobile phone makin maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau twitter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan sebuah mobile phone. Demikian cepatnya orang bisa mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhadap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju, tetapi juga di Indonesia. Karena kecepatannya media sosial juga mulai tampak menggantikan peranan media massa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Pesatnya perkembangan media sosial kini dikarenakan semua orang seperti bisa memiliki media sendiri. Jika untuk memiliki media tradisional seperti televisi, radio, atau koran dibutuhkan modal yang besar dan tenaga kerja yang banyak, maka lain halnya dengan media. Seorang pengguna media sosial bisa mengakses menggunakan sosial media dengan jaringan internet bahkan yang aksesnya lambat sekalipun, tanpa biaya besar, tanpa alat mahal dan dilakukan sendiri tanpa karyawan. Kita sebagai pengguna social media dengan bebas bisa mengedit, menambahkan, memodifikasi baik tulisan, gambar, video, grafis, dan berbagai model content lainnya.

Menurut Antony Mayfield dari iCrossing, media sosial adalah mengenai menjadi manusia biasa. Manusia biasa yang saling membagi ide, bekerjasama, dan berkolaborasi untuk menciptakan kreasi, berfikir, berdebat, menemukan orang yang bisa menjadi teman baik, menemukan pasangan, dan membangun sebuah komunitas. Intinya, menggunakan media sosial menjadikan kita sebagai diri sendiri. Selain kecepatan informasi yang bisa diakses dalam hitungan detik, menjadi diri sendiri dalam media sosial adalah alasan mengapa media sosial berkembang pesat.

Media sosial memungkinkan setiap orang untuk tampil di panggung global. Kita tidak hanya mengunduh dari internet, tapi juga mengunggah karya kita. Karya yang kita unggah ini adalah identitas, bukti penguat dan alat untuk meyakinkan akan personal brand kita.

Ada 8 media sosial yang bisa mendukung kesuksesan pembentukan personal brand yaitu :

1. Blog : Blog itu ibarat rumah kita. Orang mengenal diri kita ketika orang tersebut berkunjung ke rumah. Semakin sering berkunjung semakin mengenal. Blog sebagai rumah berisi segala macam content yang membanggakan bagi diri kita.

2. Twitter :Twitter adalah jejaring informasi yang membantu orang menyediakan, mencari dan mendapatkan informasi atau topik dari suatu bidang langsung dari orang yang menguasai informasi atau topik tertentu. Twitter mempertemukan komunitas, pengguna, ahli dan sponsor dalam sebuah interaksi sosial..

3. Linkedin : Linkedin adalah media sosial khusus kalangan profesional dari berbagai bidang. Linkedn membantu kita menyusun biodata digital yang bisa diperbaharui setiap saat. Kita bisa memberi dan mendapatkan rekomendasi dari rekan, atasan bahkan bawahan tentang suatu keahlian yang kita kuasai. Ada grup-grup yang memperbincangkan berbagai topik, peluang kerja hingga tawaran proyek pada berbagai bidang.

4. Facebook :Facebook pada dasarnya lebih menjadi media pertemanan tapi saya tetap merasa perlu memasukkannya sebagai media sosial yang menunjang personal brand. Pertama, penting untuk mengenalkan personal brand mulai dari teman-teman dekat kita. Kedua, facebook punya fitur yang bisa memisahkan urusan pribadi kita dengan urusan profesional kita dalam membangun personal brand. Ketiga, Facebook merupakan media sosial dengan pengguna terbanyak di Indonesia.

5. Google Plus :Google Plus yang menjadi tandingan Facebook ini adalah media sosial terbaru yang diluncurkan oleh Google. Google Plus mempunyai keunggulan dalam mengelola pertemanan dan content yang akan disebarkan. Dua fitur unggulan yang menunjang personal brand adalah Circle dan Sparks. Circle adalah pengelompokan teman kita yang nantinya berguna untuk memilah content yang akan kita bagikan. Sparks adalah manajemen content yang memudahkan kita memantau info terbaru dari topik yang kita minati.

6. Flickr :Blog tidak memikat pengunjung bila postingnya hanya berisi tulisan melulu. Kita perlu menyisipkan gambar yang relevan dan menarik di posting kita. Selain hasil jepretan pribadi, salah satu sumber yang saya gunakan adalah Flickr. Mengapa? Pertama, Flickr banyak digunakan pengguna mulai dari yang amatir hingga profesional. Kedua, Flickr sudah menggunakan Creative Commons, yang memilah hak penggunaan foto.

7. Youtube :Selain foto, video merupakan salah satu daya pikat bagi blog kita. Bayangkan bila ulasan kita tidak saja menjelaskan melalui tulisan, menunjukkan melalui foto, tapi juga memperagakan melalui video. Tentu posting kita menjadi lebih memikat bagi pengunjung blog kita. Selain itu, kita juga bisa membuat video sederhana yang menjelaskan inti dari posting kita. Tidak perlu repot dengan kamera video profesional, video dari telepon genggam pun sudah cukup.

8. Klout :Mungkin banyak yang tidak mengenal Klout. Tapi Klot mendapat predikat 5 web terbaik 2011 oleh Majalah Times untuk kategori media sosial. Nah kan…… Apa itu Klout? Sebuah web yang memungkinkan kita memantau skor pengaruh kita di media sosial. Kita terbantu untuk menilai efektivasi upaya kita membangun personal brand.

YouTube

Siapa pengguna internet yang tak kenal situs youtube.com? Situs yang memudahkan pengguna internet untuk berbagi file mulai dari video klip resmi, iklan, thriller film, sampai video yang hanya iseng-iseng semua jadi satu di youtube. Kemudahan yang diberikan youtube untuk meng-upload dan download file memungkinkan situs ini ramai diakses oleh pengguna internet baik di Indonesia maupun di seluruh dunia.

Dampak positif dari youtube yang selama ini bisa dilihat adalah bagi perusahaan-perusahaan rekaman yang ingin melakukan promosi bagi artis-srtisnya. Juga bagi perusahaan-perusahaan periklanan yang ingin mempromosikan suatu produk. Ada pula orang-orang yang dengan sengaja meng-upload video-video dokumenter baik sejarah perjuangan bangsa kita maupun dokumenter mengenai kisah-kisah menyentuh tentang kehidupan dari pedalaman Indonesia. Ada pula video-video ilmu pengetahuan tentang kehidupan baik dari dasar laut hingga luar angkasa. Semua ada di youtube. Hanya tinggal memasukkan kata kunci yang dicari, semua video yang memperluas wawasan bisa dilihat dan di-download kapan saja.

Selain dampak positif, youtube juga memiliki dampak negatif. Dampak negatif yang paling fenomenal di Indonesia adalah ketika video pribadi yang diunggah Marshanda akhirnya dibahas habis-habisan oleh infotainment. Marshanda yang awalnya (mungkin) sekadar ingin curhat dan ingin menumpahkan uneg-unegnya, harus pasrah menjadi bulan-bulanan infotainment. Selain Marshanda, yang hingga kini masih diproses oleh penegak hukum adalah video mesum yang “katanya” mirip Luna Maya, Cut Tari, dan Ariel. Video ini lantas dengan mudah menyebar luas, bukan hanya di kalangan orang dewasa, tapi juga bisa dinikmati oleh remaja dan anak-anak. Tragis!!! Tragis bagi yang menontonnya, dan lebih tragis lagi bagi korban-korban dalam video-video tersebut yang akhirnya mendapat malu, stigma negatif, kehilangan pekerjaan, dan kerugian-kerugian lainnya.

YouTube merupakan sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise, pada Mei 2006 YouTube memiliki pangsa pasar sebesar 43 persen.

Pada 9 Oktober 2006 diumumkan bahwa YouTube telah dibeli Google dengan harga US$1,65 miliar.

YouTube, situs yang paling banyak dikunjungi ketiga,[1] telah disensor beberapa kali di beberapa negara karena berbagai alasan. Negara-negara yang pernah memblokir ataupun masih memblokir YouTube adalah: Arab Saudi, Armenia, Brasil, Indonesia, Iran, Maroko, Pakistan, Republik Rakyat Cina, Suriah, Thailand, Turki dan Uni Emirat Arab. YouTube dapat diakses di Arab Saudi, tetapi halaman untuk mengkonfirmasi tanggal kelahiran pengguna diblokir, mencegah pengguna di Arab Saudi melihat halaman yang dinyatakan untuk dewasa di Youtube. Sedangkan di Armenia You Tube telah ditutup sejak 2 Maret 2008. Dibawah keadaan darurat, tidak ada media yang diperbolehkan menyiarkan kecuali berita resmi. Di Brasil, YouTube dituntut oleh model Brazil dan VJ MTV, Daniela Cicarelli (mantan tunangan Ronaldo) bahwa situs ini menyediakan video yang dibuat oleh paparazzi. Video tersebut menampilkannya

bersama pacarnya melakukan hubungan seksual di pantai Spanyol. Tuntutan meminta agar semua video itu dihapus, jika tidak, YouTube akan diblokir di Brasil. Pada Sabtu, 6 Januari 2007, perintah legal memerintahkan agar penyaring diletakan untuk mencegah pengguna di Brasil mengakses situs tersebut. Pada Selasa, 9 Januari 2007, pengadilan yang sama berbalik dari pilihan mereka sebelumnya, meminta penyaring dihapus. Setelah pelarangan YouTube di Brasil, terdapat situs brtube.com sebagai pengganti YouTube di neraga tersebut. Lain halnya di Iran, 3 Desember 2006, Iran memblokir YouTube, bersama dengan beberapa situs, setelah menyebutnya ‘amora’. Pelarangan YouTube dilakukan setelah video mengenai bintang sinetron Iran melakukan hubungan sex dimasukan di YouTube. Beberapa sumber mengklaim bahwa pemblokiran ini disebabkan oleh film yang mengagungkan MKO (grup perlawanan Iran utama melawan Rezim Islam Fundamentalis). Di Moroko, pada 25 Mei 2007, Maroc Telecom milik negara memblokir semua akses ke YouTube. Tidak terdapat alasan yang diberikan mengapa YouTube diblokir, tetapi terdapat spekulasi bahwa hal tersebut memiliki hubungan dengan grup separatis Polisario atau terdapat film yang mengkritik raja Mohammed VI. Namun YouTube dapat diakses kembali pada 30 Mei 2007. Sementara di RRC, sebagai bagian dari program pensesoran Golden Shield, YouTube diblokir di Republik Rakyat Tiongkok sejak 15 Oktober 2007. Di Suriah YouTube diblokir sejak tahun 2007 karena pemerintah merasa situs-situs media sosial, seperti YouTube, mengkritik kebijakan serta tindakan pemerintah dan mendukung pandangan politik oposisi. Selama satu minggu 8 Maret 2007, YouTube diblokir di Thailand. Banyak pengguna blog mempercayai bahwa alasan pemblokiran adalah video pidato mantan Perdana Menteri Thaksin Shinawatra dalam CNN. Pemerintah Thailand tidak mengkonfirmasi alasan pemblokiran, tetapi YouTube dapat diakses kembali pada 10 Maret 2007. Pada malam 3 April 2007, YouTube kembali diblokir di Thailand. Pemblokiran ini disebabkan karena adanya video yang menghina Raja Bhumibol Adulyadej. YouTube dibuka pada 30 Agustus 2007 setelah YouTube setuju untuk menghapus video yang menghina Raja Thailand tersebut. Pada 21 September 2007, Thailand mengumumkan mereka meminta perintah pengadilan untuk memblokir video yang muncul di YouTube menuduh Prem Tinsulanonda mencoba memanipulasi tahta kerajaan untuk menjadikannya Raja Thailand. YouTube diblok di Turki pada 6 Maret 2007 sampai 9 Maret 2007. Pemblokiran ini disebabkan karena adanya insiden penghinaan antara orang Turki dan Yunani dengan menggunakan media video yang diunggah melalui YouTube. YouTube diblokir di Uni Emirat Arab dikarenakan terdapat konten dewasa yang bertentangan dengan agama, kultur, politik, dan nilai moral Uni Emirat Arab. YouTube diblokir di Pakistan karena mengandung konten yang tidak etis dan juga anti-islam menurut hasil pengawasan Pakistan Telecommunication Authority (PTA), Badan Otoritas

Telekomunikasi Pakistan. Di Indonesia sendiri pada 1 April 2008, Menteri Komunikasi dan Informatikan, M. Nuh telah menulis surat kepada YouTube untuk menghapus sebuah film Belanda, Fitna, yang dibuat oleh politisi sayap kanan Belanda, Geert Wilders. Pemerintah Indonesia memberikan waktu dua hari untuk menghapus video tersebut atau YouTube akan diblokir di Indonesia. Pada 4 April 2008, M. Nuh meminta semua ISP untuk memblokir akses ke YouTube. Pada 5 April 2008, YouTube diblokir sebagai percobaan oleh sebuah ISP. Akhirnya pada 8 April 2008, YouTube, bersama dengan MySpace, Metacafe, Rapidshare, Multiply, Liveleak dan situs resmi Fitna, telah terblokir di Indonesia. Pemblokiran YouTube telah dibuka pada 10 April dan pemerintah menyatakan maaf atas insiden pemblokiran tersebut.


Selain dampaknya yang dirasakan beberapa negara karena postingan beberapa video yang dirasa sangat mempengaruhi stabilitas negara negara yang diceritakan sebelumnya media sosial YouTube ini juga memiliki dampak sosial yang spektakuler bagi masyarakat di dunia. Seorang remaja bernama Justin Drew Bieber(Justin Biebir) kelahiran 14 Maret 1994 adalah seorang penyanyi asal Stratford, Ontario, Canada yang memulai karir profesionalnya lewat YouTube. Saat Scooter Braun, yang sekarang menjadi managernya, menemukan bakatnya di situs tersebut, Bieber kemudian dibawah ke Atlanta, Georgia untuk berkonsultasi dengan Usher dan setelah itu menandatangani kontrak bersama perusahaan rekaman Island Records.dan sekarang ia telah menjadi seorang mega bintang di negaranya bahkan di dunia

Bagaimana dengan Indonesia? Ternyata media ini juga dipakai oleh masyarakat Indonesia untuk mengaktualisasikan diri mereka. Contoh diantara mereka Shinta dan Jojo. Keduanya mulai terkenal melalui media youtube pada akhir bulan juli 2010 lalu karena mengupload video yang berisikan tentang aksi mereka menyanyikan secara lipsing lagu disko dangdut keong racun. Ada juga kakak beradik Gamaliel dan Audrey yang melakukan hal yang sama. Keduanya memperoleh popularitas pada bulan Agustus 2010 setelah mengupload video yang berisi nyanyian dan diiringi musik gitar yang dimainkan sendiri di YouTube. Berikutnya ada seorang pria asal Gorontalo bernama Bona Paputungan. Mantan narapidana ini menciptakan lagu dengan judul ‘Andai Ku Gayus Tambunan’ yang isinya menyindir para penegak hukum di indonesia. Lagu yang dinyanyikannya sendiri ini kemudian direkam dalam video yang kemudian diupload di YouTube. Hasilnya video ini banyak ditonton orang dan berbagai media di indonesia berlomba lomba menayangkannya dan mewawancarai Bona. Satu lagi yang popular berkat YouTube adalah Sualuddin atau yang dikenal dengan nama ‘Udin Sedunia’. Udin mulai terkenal sejak awal Maret 2011 setelah mengupload videonya yang sedang menanyi sebuah lagu tentang nama "udin" yang diplesetkan menjadi bermacam macam udin menurut keinginannya. Dan yang sangat fenomenal adalah Briptu Norman Kamaru. Polisi yang satu ini menjadi sangat terkenal setelah video dengan aksi lipsing dengan lagu India ‘Chaiyya Chaiyya’ diupload melalu YouTube. Video dengan judul ‘Polisi Gorontalo Menggila’ ini membawa Norman sama terkenalnya dengan artis-artis yang telah merintis karier selama bertahun-tahun hanya dalam tempo beberapa hari saja.

Media sosial apapun bentuknya akan selalu memberikan manfaat positif bagi penggunanya. Sama halnya dengan YouTube dapat mbermanfaat jika dilandasi dengan tujuan penggunaan yang positif. Namun sebaliknya akan juga menjadi boomerang dan berpotensi merugikan bagi penggunanya jika tidak digunakan dengan baik, benar serta bertanggung jawab.

Sumber :

Christakis. Nicholas A. Fowler Lames, 2009, Connected : Dasyatnya Kekuatan Jejaring Sosial Mengubah Hidup Kita. Pt Gamedia Pustaka Utama, Jakarta.

Nurudin, 2009, Jurnalisme Masa Kini, Rajawali Pers, Jakarta.

http://id.wikipedia.org/wiki/Media_sosial

http://www.slideshare.net/irsanwidyawan/perkembangan-sosial-media

http://magistre-sejarah.blogspot.com/2011/06/peran-media-sosial-bagi-perubahan.html

http://www.alexa.com

http://imranzulmi.blogspot.com/2011/04/terkenal-melalui-youtube.html

http://bukik.com/2011/09/03/8-media-sosial-untuk-kesuksesan-personal-brand/

http://lifestyle.kompasiana.com/urban/2011/02/24/fenomena-youtube-dunia-terhipnotis-justin-bieber-sampai-keracunan-keong/

2 komentar:

  1. sangat bermanfaat gan thanks for info ,kunjungi juga blog ane gan : http://dou-ble.blogspot.co.id/

    BalasHapus
  2. VISIT MY CHANNEL AND DONT FORGET TO LIKE AND SUBSCRIBE GUYS,IF YOU LIKE THIS VIDEO PLEASE SHARE !
    https://youtu.be/duXhaNrd63M

    BalasHapus